ALGORITMA BRESSENHAM
Algoritma Bressenham
l Bressenham
mengembangkan algoritma klasik yang lebih menarik.
l Hanya
menggunakan perhitungan matematika dengan bilangan integer.
l Tidak
perlu membulatkan nilai posisi setiap pixel setiap waktu.
l Algoritma
Bressenham disebut juga midpoint line algorithm
l Algoritma
konversi penambahan nilai integer yang juga dapat diadaptasi untuk
menggambarkan sebuah lingkaran
Penggambaran dengan garis Bressenham

Langkah-langkah Algoritma Bressenham
l Tentukan
dua titik yang akan dihubungkan dalam pembentukan garis.
l Tentukan
salah satu titik di sebelah kiri sebagai titik awal, yaitu (x0,y0)
dan titik lainnya sebgai titik akhir (x1,y1).
l Hitung
dx,dy,2dx dan 2dy-2dx.
l Hitung
Paramater P0=2dy-dx
l Untuk
setiap Xk sepanjang jalur garis, dimulai dengan k=0, bila pk <0,>k+1,
yk), dan Pk+1 = Pk+2dybila
tidak, maka titik selanjutnya adalah (xk+1,yk+1), dan Pk+1 =
Pk+2dy-2dx
l Ulangi
langkah no 5 untuk menentukan posisi pixel selanjutnya, sampai x = x1 dan
y = y1.
Alir Algoritma Brenssham

Komentar
Posting Komentar