ALGORITMA BRESSENHAM

Algoritma Bressenham
l  Bressenham mengembangkan algoritma klasik yang lebih menarik.
l  Hanya menggunakan perhitungan matematika dengan bilangan integer.
l  Tidak perlu membulatkan nilai posisi setiap pixel setiap waktu.
l  Algoritma Bressenham disebut juga midpoint line algorithm
l  Algoritma konversi penambahan nilai integer yang juga dapat diadaptasi untuk menggambarkan sebuah lingkaran
Penggambaran dengan garis Bressenham
Langkah-langkah Algoritma Bressenham
l  Tentukan dua titik yang akan dihubungkan dalam pembentukan garis.
l  Tentukan salah satu titik di sebelah kiri sebagai titik awal, yaitu (x0,y0) dan titik lainnya sebgai titik akhir (x1,y1).
l  Hitung dx,dy,2dx dan 2dy-2dx.
l  Hitung Paramater P0=2dy-dx
l  Untuk setiap Xk sepanjang jalur garis, dimulai dengan k=0, bila pk <0,>k+1, yk), dan Pk+1 = Pk+2dybila tidak, maka titik selanjutnya adalah (xk+1,yk+1), dan Pk+1 = Pk+2dy-2dx
l  Ulangi langkah no 5 untuk menentukan posisi pixel selanjutnya, sampai x = x1 dan y = y1.







Alir Algoritma Brenssham



Komentar

Postingan populer dari blog ini

ALGORITMA PENGGAMBARAN LINGKARAN - KOMPUTER GRAFIK

OBJEK PRIMITIF - KOMPUTER GRAFIK

Komputer Grafik Pertemuan I