ALGORITMA PENGGAMBARAN LINGKARAN - KOMPUTER GRAFIK

ALGORITMA PENGGAMBARAN LINGKARAN
Lingkaran
l  Kumpulan dari titik-titik yang memiliki jarak dari titik pusat yang sama untuk semua titik.
l  Lingkaran dibuat dengan menggambarkan seperempat lingkaran
l  Penambahan x dapat dilakukan dari 0 ke r sebesar unit step, yaitu menambahkan +y dan –y untuk setiap step
Bentuk Umum Persamaan Lingkaran :
(x-x0)2 + ( y-y0)2 = r2

Contoh :  Diketahui : x2 + y2 = 100
                                                Maka : (x-x0)2 + ( y-y0)2 = 100
Jadi Persamaan diatas dapat ditulis sebagai berikut :
          x0 =0 y0 = 0 dan r = 10

Ilustrasi Penggambaran Lingkaran
Simestris Delapan Titik
l  Lingkaran digunakan sebagai komponen dari suatu gambar
l  Prosedur untuk menampilkan lingkaran dan elips dibuat dengan persamaan dasar dari lingkaran  x2+y2 = r2
l  Pembentukan lingkaran dapat dilakukan dengan menentukan satu titik awal
l  Bila titik awal pada lingkaran (x,y), maka terdapat tiga posisi lain, sehingga diperoleh delapan titik.
l  Delapan titik hanya diperlukan untuk menghitung degmen 45 derajat dalam menentukan lingkaran selengkapnya.
l  Kuadran I (x,y),(y,x)
Kuadran II (-x,y),(-y,x)
Kuadran III (-x,-y), (-y,-x)
Kuadran IV (x,-y),(y,-x)

Gambar Ilustrasi Kuadaran
Langkah pembentukan lingkaran
  1. Tentukan radius r dengan titik pusat lingkaran (xc,yc) kemudian diperoleh (xc,yc)=(0,r)
  2. Hitung nilai parameter P0= 1-r
  3. Tentukan nilai awal k=0, untuk setiap posisi xk berlaku sebagai berikut:
    a. bila pk<0, maka titik selanjutnya adalah (xk+1,yk)
                                                                pk+1=pk+2xk+1+1
b. Bila pk>0, maka titik selanjutnya adalah (xk+1, yk-1)
                                                pk+1 = pk+2xk+1+1-2yk+1
                dimana  2xk+1 = 2xk+2
                                                2yk+1 = 2yk-2
4. Tentukan titik simetris pada ketujuh oktan yang lain
5. Gerakkan setiap posisi pixel (x,y) pada garis melingkar dari lingkaran dengan titik pusat (xc,yc) dan
                tentukan nilai koordinat : x= x+xc dan y=y +yc
6. Ulangi langkah ke 3-5, sampai dengan x>=y
Contoh :
Untuk menggambarkan algoritma bressenham dalam pembentukan suatu lingkaran dengan titik pusat (0,0) dan radius =10, perhitungan berdasarkan pada oktan dari kuadran pertama  dimana x = 0 sampai x=y
Penyelesaian
l  (x0,y0) =(0,0) r =10
l  (x0,y0) = (0,10)
l  2x0=0, 2y0=20
l  Parameter = p0=1-r = -9




Tabel penyelesaian

14
 
14
 
6
 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

OBJEK PRIMITIF - KOMPUTER GRAFIK

Komputer Grafik Pertemuan I